12/06/2014

Qerja.com - Kebahagiaan adalah sebuah konsep abstrak yang gampang-gampang sulit untuk digapai. Kita harus pintar mengatur strateginya dalam seluruh aspek kehidupan. Bagi Anda yang bekerja, Anda mesti cerdik menyiasatinya sebab mau tidak mau, suka atau tidak suka, sebagian besar waktu yang kita jalankan dalam kehidupan ini justru lebih banyak dihabiskan di tempat kerja, bahkan bisa jadi kita lebih sering menghabiskan kebersamaan dengan rekan-rekan dan kolega di kantor dibandingkan dengan keluarga di rumah.
Sebuah statistik tentang kebahagiaan di tempat kerja yang kami peroleh baru-baru ini menunjukkan bahwa kurang dari 10% karyawan di Indonesia merasa bahagia dengan lingkungan tempat mereka bekerja. Tentu apa yang ditunjukan oleh data tersebut amat mengejutkan, karena ini berarti sebagian besar pekerja di Indonesia sama sekali tidak menikmati kebahagiaan dan kepuasan selama menjalankan aktivitas sehari-hari di tempat kerja mereka. Nah lho apakah ini berarti sebagian besar pekerja di Indonesia hidup dalam ketidakbahagiaan sepanjang ia berkarir?
Ada berbagai alasan yang membuat seseorang tidak nyaman berada di tempat kerja, entah itu karena ketidakcocokan dengan atasan, karir yang tidak berkembang, kurang memperoleh pengakuan, pekerjaan yang dimilikinya kurang menantang, atau merasa pekerjaannya kurang bonafide.
Apapun itu Anda mesti mengantisipasinya dengan segera. Lalu strategi seperti apakah yang asyiknya dapat kita terapkan di tempat bekerja agar kita bisa memperoleh kebahagiaan dan kepuasaan dalam bekerja. Berikut langkah-langkahnya:

1. Bersahabat dengan rekan kerja Anda

Meskipun mungkin anda memiliki lingkungan yang tidak ideal, politik kantor yang tidak nyaman, namun hal itu tidak serta merta lantas membuat Anda beralasan untuk menjadi pribadi yang tertutup lho. Sebab bagaimanapun ritme dan karakter tim Anda, pengalaman yang Anda jalani bersama rekan kerja saat berjuang bersama meraih tujuan perusahaan, akan menjadi pengalaman seru yang bisa menyatukan Anda layaknya keluarga.
Jangan juga buru-buru memusuhi seseorang yang mungkin tidak Anda sukai saat ini. Sebab keberadaan mereka akan menjadi bagian dari 'networking' dan siapa tahu Anda memerlukannya di masa-masa yang akan datang.

2. Lakukan pekerjaan yang biasa Anda lakukan dengan cara yang luar biasa

Terjebak dalam rutinitas itu pastilah sangat membosankan. Pekerjaan yang itu-itu saja, bertemu orang yang itu-itu saja, menjalani hal yang itu-itu saja, pastilah menjemukan. Hati-hati, tidak pintar menyiasatinya, Anda bisa meledak kapan saja. Anda perlu mengubah sedikit mind set Anda dalam hal ini.
Masukkan sugesti pada diri Anda bahwa tidak ada istilah pekerjaan biasa bagi banyak orang. Apapun pekerjaan tersebut, baik langsung ataupun tidak langsung akan memberikan dampak pada kehidupan orang lain. Oleh karenanya lakukanlah dengan antusias yang tinggi, sebab Anda sedang melakukan hal yang penting.

3. Fokuskan 'gairah kerja' pada hal-hal yang berarti bagi diri Anda

Jangan biarkan satu atau dua orang yang tidak Anda sukai di tempat kerja merusak hari-hari Anda. Atau malah membuat kinerja Anda tidak optimal. Kalau Anda membiarkannya percayalah Andalah yang merugikan sendiri.
Fokuskanlah pikiran Anda pada sosok-sosok yang berarti bagi diri Anda sehingga menjadi kekuatan yang memacu potensi Anda untuk bisa menghasilkan sebanyak-banyaknya pencapaian dan prestasi yang akan meningkatkan nilai jual Anda.

4. Hidup pada saat ini

Nikmati setiap proses pencapaian yang berhasil Anda raih. Seringkali banyak orang yang begitu berorientasi pada apa yang ingin dimilikinya di masa yang akan datang. Walhasil ia sama sekali tidak berhasil menikmati dan mensyukuri apa yang diraihnya saat ini.
Nggak ada salahnya lho, mulai sekarang Anda harus mampu menyisihkan sebagian penghasilan dan disiplin meluangkan waktu berharga Anda untuk bisa menikmati hasil jerih payah Anda. Baik untuk kepuasan diri Anda ataupun bersama orang-orang yang paling Anda kasihi.

0 comments:

Post a Comment